9_a Informatika MTsN Bagian 1 dan 2

 



Salam Sobat (Ayu Wahyuni), selamat berjumpa lagi dengan blog Salam Sobat, pada kali ini berjudul " 9_a Informatika MTsN Bagian 1 dan 2" selamat membaca dan jangan lupa untuk memberi komentar.


A.BERPIKIR KOMPUTASIONAL

Ayo, Mengingat Di kelas VII, kalian telah mengenal dasar penyelesaian permasalahan dan empat fondasi dari berpikir komputasional lewat contoh-contoh kehidupan sehari-hari, yaitu Dekomposisi, Abstraksi, Algoritma dan Pengenalan Pola. Aktivitas yang sudah kalian lakukan antara lain seperti berikut.

   1.   Mencari solusi yang paling optimal dari sebuah           permasalahan, misalnya melalui kasus waktu               tersingkat yang diperlukan untuk mengisi air k           keember.
  2.   Berkenalan dengan struktur data linked-list                  melalui permainan menyusun huruf.
  3.   dan lain-lain

Ayo, Mengingat Di kelas VIII, kalian telah mempelajari konsep fungsi (input - proses - output) dan mengeksekusi serangkaian langkah yang terdiri atas beberapa kali pemanggilan fungsi yang sama. Kalian diminta untuk menentukan langkah yang tepat untuk menghasilkan sebuah output yang sudah ditentukan. Kalian juga belajar beberapa representasi data, yaitu himpunan dan sistem bilangan serta menyelesaikan permasalahan yang menyangkut himpunan yang memerlukan penalaran logika. 


Apa Selanjutnya? Di kelas IX, kalian akan berlatih menyelesaikan persoalan yang melibatkan struktur data lebih kompleks. Struktur data tersebut merupakan struktur yang menjadi dasar representasi data untuk pemodelan berbagai persoalan sehari-hari. Kalian akan menyelesaikan masalah pengenalan pola yang didasari operasi logika. Kalian juga akan belajar algoritma secara unplugged, yaitu merancang langkah robot.


A.TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI

Ayo, Mengingat Di kelas VII, kalian belajar TIK sebagai perkakas (tools) yang digunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Tidak hanya belajar mengoperasikan aplikasi, kalian juga memanfaatkannya untuk menyelesaikan persoalan dan mendukung tugas. Kalian telah menggunakan ponsel pintar, dan gawai saat ini dan mengenal antarmukanya. Selanjutnya, kalian juga telah beraktivitas untuk memanfaatkan berbagai aplikasi, antara lain aplikasi surat elektronik, aplikasi peramban, serta pengelola folder dan file. Semua aplikasi ini bukan hanya berguna dalam pelajaran Informatika, tetapi juga dalam mata pelajaran lainnya. Walaupun fitur yang telah diperkenalkan hanya fitur dasar aplikasi, diharapkan bahwa kalian juga akan mampu menggunakan fitur-fitur lain yang tidak dipraktikan secara rinci karena kalian mengenali pola tampilan, fungsi, dan cara bekerja menggunakan aplikasi tersebut.  


Ayo, Mengingat Di kelas VIII, kalian tidak hanya memakai satu aplikasi. Kalian telah belajar memakai beberapa perkakas (tools) sekaligus untuk menghasilkan konten yang terintegrasi. Kalian juga telah belajar membaca beberapa bahan bacaan dalam bentuk digital (file) yang berbeda format, memahami isinya, merangkum, mengevaluasi, menyimpulkan, dan merefleksikan isinya. Masih ingatkah berbagai format file tersebut? Mulai html yang dibaca melalui browser, file pdf, file doc, dan file video. Laboratorium maya menjadi solusi untuk memahami fenomena alam/lainnya yang banyak digunakan untuk mata pelajaran lain. Dalam konteks Informatika, laboratorium maya dipandang sebagai artefak komputasional yang menerima input, melakukan proses komputasi (simulasi) terhadap model yang mendasari objek belajar, dan menghasilkan keluaran (output) yang dapat dianalisis dan diinterpretasi. 


Apa Selanjutnya? Di kelas IX, kalian diajak untuk menganalisis aneka konten di dalam pembuatan dokumen di lingkungan sehari-hari, kemudian menentukan perkakas yang paling tepat untuk menghasilkan suatu artefak komputasional dengan menggunakan aplikasi. Kalian akan ditantang untuk menyelesaikan persoalan-persoalan pada kasus yang membutuhkan analisis dan pengambilan keputusan tentang perkakas yang paling efisien dan optimal untuk membuat dokumen yang disyaratkan. Kalian juga akan beraktivitas bersama dalam sebuah kolaborasi menggunakan aplikasi cloud based. Sebagai generasi saat ini, kalian diajak berkreasi membuat blog dan vlog, sebagai sarana berlatih mengorganisasikan konten digital ciptaan kalian. Menjadi blogger dan vlogger merupakan impian banyak anak muda, apa pun profesinya.

C.SISTEM KOMPUTER

Ayo, Mengingat Di kelas VII, kalian telah belajar bahwa komputer yang hanya berupa perangkat keras tidak akan berdaya guna tanpa adanya perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi, melalui kegiatan plugged atau unplugged. Tahukah kalian, kalian diajak untuk memahami apa itu perangkat lunak, perangkat keras, dan fungsi bagian-bagiannya serta bagaimana antarkomponen perangkat tersebut bekerja. Kalian telah mengenal perangkat keras dan menentukan spesifikasi yang tepat untuk kebutuhan tertentu. 

Ayo, Mengingat Di kelas VIII, kalian tidak hanya mengenal komputer dan piranti pelengkapnya sebagai benda konkret. Kalian memahami sistem komputer yang lebih abstrak dan tersembunyi sebagai sistem komputasi, yaitu komponen-komponen komputer dan bagaimana setiap komponen berfungsi. Kalian juga mengenal gerbang logika sebagai salah satu unit pengolahan data. Kalian tentunya menyadari, bahwa di kelas VIII perangkat keras yang dipelajari membutuhkan lebih banyak abstraksi sehingga pembelajaran Sistem Komputer pada kelas VIII lebih banyak dilakukan dengan moda unplugged.

Di kelas IX, tidak ada alokasi jam pelajaran khusus untuk Sistem Komputer karena muatannya sudah cukup dengan yang diberikan pada kelas VIII. Namun demikian, di kelas IX, kalian diingatkan tentang penggunaan sistem komputer yang baik dan benar melalui sebuah ilustrasi terkait hal tersebut.

3. Penutup : 

Terima kasih atas kunjungan SALAM SOBAT (Ayu Wahyuni), semoga blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua pembaca serta memberi manfa'at. Amin.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

8a_Aplikasi Tambahan Terinstal di Hp Q

8a_Rangkuman Berpikir Komputasional